Penyebab Nyeri saat Haid

18 Januari 2013

Hi Sobat!!!

Kali ini saya akan membahas seputar Nyeri Haid. Sebelumnya ada yang tahu gak penyebab nyeri haid? Ok, ini sedikit ulasannya.

Nyeri menstruasi disebabkan oleh kontraksi rahim. Ketika seorang perempuan menstruasi, hormon tertentu dilepaskan oleh tubuh. Hormon itu disebut prostaglandin, bekerja merangsang kontraksi otot yang diperlukan untuk meluruhkan lapisan rahim. 

Seiring otot rahim berkontraksi dalam upaya meluruhkan lapisan dinding rahim, rasa nyeri (kram) umumnya juga turut menyertai. 

Meskipun kontraksi menstruasi tidak sekuat kontraksi yang dialami selama persalinan dan melahirkan, otot yang terlibat sebenarnya sama.
Sebagian wanita mengalami nyeri (kram) pada setiap siklus menstruasi, sementara yang lain hanya mengalaminya sesekali.
Rasa nyeri saat kram menstruasi terjadi ketika kontraksi kuat memotong suplai darah ke rahim, sehingga terjadi reaksi anaerob yang merangsang reseptor kimia nyeri. Maka terjadilah nyeri.
Dalam beberapa kasus, kram menstruasi dan rasa nyeri yang ditimbulkannya begitu parah. Hal ini bisa terjadi karena kondisi kesehatan tertentu seperti misalnya endometriosis yang menyebabkan nyeri perut ekstrim, serta kram menstruasi yang parah. Fibroid juga dapat menyebabkan nyeri parah yang disertai perdarahan berat.
Dalam kebanyakan kasus, nyeri menstruasi merupakan bagian normal dalam kehidupan wanita. Pengobatan nyeri biasanya dilakukan dengan menggunakan analgesik dan substansi pereda nyeri lain yang banyak dijual bebas.
Penderita nyeri menstruasi parah dianjurkan berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui kondisi lain yang memicu atau memperparah nyeri menstruasi yang dialaminya.

Nah,,, gimana sekarang sudah tahukan kenapa saat haid kita merasakan nyeri yang sangat hebat. Mau tahu cara pencegahannya? stay tune here... I'll explain it for free


0 Response to "Penyebab Nyeri saat Haid"

google-site-verification: googlee8312c6eb61e70e9.html